Dengan Allah Kita Lakukan Perbuatan Besar

Khotbah Minggu, 9 September 2012
Oleh : Pdt. Sunarno, S.Th.

Dengan Allah Kita Lakukan Perbuatan Besar

 Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita. (Mazmur 60:14)

Manusia diciptakan Allah untuk dikasihi.  Begitu besar kasih Allah sehingga ketika jatuh dosa, Allah sendiri turun untuk membebaskan manusia dari dosa dan hukuman. Oleh kasihNya, Dia juga menyediakan segala sesuatu untuk kita nikmati. Tetapi banyak orang belum mengerti hal ini.

Keadaan manusia tanpa Tuhan :

  • Harus berjerih lelah untuk mendapatkan hasil
  • Seberapapun banyaknya hasil yang diperoleh tidak menjamin kebahagiaan atau rasa puas. Tidak sedikit orang kaya, terkenal, tetapi hidup dalam kesedihan bahkan ingin bunuh diri.

Allah menciptakan segala sesuatu untuk dikelola manusia. Dia juga menyediakan pekerjaan besar bagi kita. Dalam kisah Perjanjian Lama, Dia berjanji memberikan Kanaan bagi Israel. Tetapi untuk menerima janji itu, bangsa Israel harus maju berperang mengalahkan raja-raja Kanaan.  Saat maju berperang bersama Tuhan, itulah saat mereka mendapatkan kemenangan besar.

Kita juga dapat mengalami hal yang sama.
Syaratnya:

1.   BERTOBAT DAN MENINGGALKAN DOSA

Kalau kita ingin hidup berkemenangan. Ikuti langkah “anak yang hilang”. Dia menyadari kesalahannya, kemudian bangkit, berbalik, kembali kepada ayahnya. Dia mengaku dosa kepada ayahnya dengan tulus.  (1Yoh 1:9) Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

2.   MENERIMA YESUS SEBAGAI JURUSELAMAT PRIBADI ANDA

Ketika Anda menerima Yesus, Dia akan masuk ke dalam hati, ke dalam hidup Anda, dan tidak akan pernah meninggalkan Anda.
(Wah 3:20) Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.
(Yoh 6:37) Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang.

Inilah momentum  dimana Anda mulai berjalan bersama Tuhan.  Anda dapat mengatakan “Bersama Allah, dengan Allah aku  akan dapat melakukan perbauatan yang gagah perkasa.” Karena Tuhan Yesus sudah ada dalam hidup Anda.

3.   HIDUP DALAM KETAATAN

(Yoh 14:21) “Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.”
Hidup dalam ketaatan adalah tanda kasih kita kepadaNya.

Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah. (1Yoh 3:9)

Ayat tersebut di atas, dalam bahasa aslinya berarti, “setiap orang yang lahir dari Allah, tidak terus-menerus berbuat dosa lagi…”
Kita tidak lagi berada di bawah hukuman dosa.  Kita masih dapat jatuh dosa. Dan bila itu terjadi, secepatnya Anda mengaku dosa dan membereskan dengan orang yang Anda rugikan. Tetapi kita tidak dapat setiap hari terus menerus hidup di dalam dosa.

4.   BERKOMITMEN DALAM SATU KOMUNITAS TUBUH KRISTUS

(Ef 1:22) Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada.
Tubuh terdiri dari banyak anggota. Semua jaringan tubuh terikat dengan rapi supaya Tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Kita perlu terikat dalam kesatuan Tubuh Kristus. Dengan berkomitmen di dalam sebuah gereja / jemaat yang adalah TubuhNya, Anda dapat memperoleh kekuatan yang lebih besar.  “satu orang dapat mengejar seribu orang, dan dua orang dapat membuat lari sepuluh ribu orang…”  Dunia pun sudah mengenal system kerja bersinergi. Tidak banyak yang dapat dicapai bila kita hanya seorang dir.

 

PENERAPAN

Hari ini, jika Anda belum pernah melakukannya, lakukanlah hal berikut ini:

  • Cari tempat untuk berdoa mengakui kesalahan dan dosa-dosa Anda. Minta Tuhan mengampuni dan menyucikan Anda.
  • Buka hati dan mintalah Tuhan Yesus masuk ke dalam hati Anda. Persilahkan Dia menjadi Raja dan Tuhan dalam hidup Anda selamanya.
  • Setiap hari sebelum beraktifitas, berdoa meminta Tuhan mendampingi Anda dalm beraktifitas. Supaya Dia memberi kekuatan, hikmat, menunjukkan jalan / strategi yang harus ditempuh.
  • Bila anda belum bergabung dalam 1 komunitas, temukan dan mulailah berkomitmen di sebuah gereja / komsel.

 

Related search:

  • ilustrasi lucu khotbah hidup berkemenangan
  • khotbah tentang hidup berkemenangan
  • renungan kristen bersinergi dgn Allah

One Response so far.

  1. hanan soeharto says:

    mohon saya bisa dikirimin lewat email kothbah2 agar bisa menjadi berkat bagi banyak orang..terimakasih,,shaloom.